Tari Saman Dalam Aquarium Sea World

Latihan. Penari di dalam aquarium dipandu temannya di luar aquarium karena mereka tidak bisa mendengar musik pengiring tarian.
Latihan. Penari di dalam aquarium dipandu temannya di luar aquarium karena mereka tidak bisa mendengar musik pengiring tarian.
Jakarta. Erawisata.com. Sea World Indonesia (SWI) kembali menggelar atraksi unik. Kali ini bekerja sama dengan STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Trisakti yang akan menyuguhkan tari Saman di dalam air, Minggu 21 Maret mendatang.
Atraksi ini merupakan rangkaian even yang digelar selama tiga hari mulai Jumat (19/3) dengan judul Diversity of Culture.  Atrakasi budaya di SWI ini awalnya merupakan kegelisahan anak-anak Trisakti yang enggan budaya negrinya di klaim oleh orang lain. “Even ini bertujuan untuk melestarikan budaya, agar lebih menarik kami coba tampilkan yang unik,” ujar Vania ketua panitia.
Selain Tari Saman, pada acara ini juga akan ada parade kostum daur ulang dalam air yang juga akan diperagakan oleh anak-anak STP Trisakti. Sementara di luar Area akan ada juga panggung yang menampilkan berbagai kesenian tradisional dan modern, bazaar makanan darah, dan aneka lomba untuk anak-anak.
“Selain pengunjung SWI, sasaran utama kami adalah anak-anak usia sekolah agar mereka lebih mengenal dan mencintai budayanya sendiri. Untuk itu kami juga mengundang beberapa sekolah TK dan SD untuk mengikuti lomba menggambar dan mewarnai, jelas Sri Sulartiningrum, pembantu ketua bidang kemahasiswaan STP Trisakti dalam jumpa pers kemarin.
Sementara itu Manajer Pemasaran SWI Indra Anggro Dharmawan optimis kegiatan  semacam ini dapat berlangsung lancar karena pernah dilakukan sebelumnya. “Kami pernah melakukan atraksi Reog Ponorogo, sinterklas, barongsai, pengibaran bendera, hingga mengendarai sepeda di dalam air. Jadi, Tari Saman dan pagelaran busana di dalam air secara teknis sama dengan sebelumnya, meskipun penari-penari ini belum dianggap mahir menyelam,”paparnya.
Dan kabarnya untuk menggelar tari Saman di dalam air ini, pihak SWI sendiri sudah meminta ijin secara khusus kepada sesepuh di Nanggroe Aceh Darusalam, dan mereka menyambut baik pagelaran ini.

Comments

Popular Posts