Pemerintah Janji Amankan Mata Pencaharian Korban Merapi

Pemerintah Janji Amankan Mata Pencaharian Korban Merapi
Ramdhania El Hida - detikFinance 


Jakarta - Pemerintah akan menjaga kelangsungan usaha para pelaku UKM di daerah bencana agar tidak kehilangan mata pencahariannya pasca bencana, sehingga tingkat kemiskinan tidak meningkat.

"Kita harus segera mengantisipasi agar masyarakat yang kena musibah, terutama pada sektor usaha kecil menengah dicari jalan keluar. Jangan sampai mereka kehilangan pekerjaan atau sumber pendapatan mereka. Itu akan berakibat kemiskinan," ujarnya saat dihubungi wartawan, Jumat malam (5/11/2010).

Oleh karena itu, Hatta menyatakan dirinya akan ke Yogyakarta untuk mendapatkan data jumlah pelaku UKM yang terkena bencana.

"Kita ke Yogya, saya akan melihat dan meminta data seperti apa angka dan data misalkan pengusaha yang terkena langsung, pengusaha UKM, petani, dan peternak, lalu kita cari solusi. Saat ini masih dalam tahapan bagaimana tanggap darurat," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi banyak menerima laporan mengenai terhentinya beberapa aktivitas industri dan bisnis di sekitar Yogyakarta. Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) rentan tak bisa bertahan dari dampak aktivitas ekonomi yang terganggu karena letusan Merapi.

Sofjan mengatakan semakin parahnya aktivitas Merapi membuat para pelaku usaha tak mau mengambil risiko. Pemilik pabrik maupun karyawan rata-rata fokus pada antisipasi bencana.



SUMBER : http://www.detikfinance.com/read/2010/11/06/102715/1487986/4/pemerintah-janji-amankan-mata-pencaharian-korban-merapi?f9911023

Comments

Popular Posts