Kenapa Mega Datang ke Istana Tadi Malam?



JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran mantan Presiden kelima RI,  Megawati Soekarnoputri, di Istana Negara tadi malam mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Mega kerap tidak pernah memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sejumlah momen.
Politikus senior PDI-P, Pramono Anung, mengatakan, kedatangan Mega bukanlah hal yang tiba-tiba diputuskan. "Ibu diundang sebagai mantan presiden kelima. Kalau dilihat dari tempat duduknya, secara protokoler, beliau itu menduduki sebagai mantan presiden kelima. Jadi kalau duduk sebagai istri Ketua MPR tentunya tempat duduknya tidak di situ. Tetapi, sebagai mantan presiden kelima, tempat duduknya di samping Michelle," ungkapnya di Gedung DPR, Rabu (10/
11/2010).
Menurut Wakil Ketua DPR ini, Mega diundang langsung oleh Presiden Yudhoyono. Pramono juga yakin, Kepala Negara juga mengundang mantan Presiden ketiga BJ Habibie.
Pramono menambahkan, kedatangan Mega menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia sudah berjalan dengan baik meski memiliki posisi politik yang berbeda. Apalagi, kunjungan Obama memperoleh perhatian yang luar biasa dari dunia internasional.
"Sehingga kehadiran Ibu Mega semata-mata untuk memperlihatkan bahwa proses demokratisasi di republik ini sudah mengalami kematangan," tandasnya.
Menurut catatan Kompas.com,  ini adalah kedatangan Megawati pertama kali ke Istana memenuhi undangan sejak ia dikalahkan Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilu Presiden 2004. Sebagai mantan Presiden, Megawati selalu diundang menghadiri upacara kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara. Namun, ia tidak pernah datang.

Comments

Popular Posts