Wow, Berita Kekerasan Terhadap Perempuan Terparah

Wow, Berita Kekerasan Terhadap Perempuan Paling Tinggi
 Ternyata isu tentang perempuan selalu menarik untuk dijadikan pemberitaan. Menurut kajian studi yang dilakukan Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) tentang "Pemetaan Berita Bertema Perempuan dengan Pendekatan Analisis Gender", terbukti berita kekerasan terhadap perempuan paling tinggi di beberapa media massa yang dijadikan sample. Terdapat 37 berita kekerasan terhadap perempuan dari 124 berita tentang perempuan.

"Tingginya tema kekerasan terhadap perempuan ini dipengaruhi oleh beberapa tema yang muncul pada periode tersebut, seperti pelecehan seksual di Bus Trans Jakarta, pelecehan Anand Krisna kepada murid perempuannya dan sejumlah aspek lainnya," ujar peneliti AJI, Eko Bambang Subyantoro dalam jumpa pers tentang ''Representasi Perempuan di Media : Bagaimana Media Memandang Perempuan'' di Jakarta, Rabu (16/3) pagi.

Lalu, kategori berita profil dan kiprah perempuan di urutan kedua dengan jumlah 16 berita. Ekonomi dan kemiskinan perempuan berjumlah 14 berita, peningkatan taraf hidup perempuan 11 berita, tenaga kerja perempuan 10 berita, dan sejumlah kategori lainnya.

Dari laporan studi yang dilakukan AJI ini, berita yang dijadikan sample diambil dari tujuh surat kabar yang terbit di Jakarta, yaitu Indo Pos, Kompas, Warta Kota, Republika, Suara Pembaruan, Koran Tempo, dan Media Indonesia periode Juli-Agustus 2010. Sementara itu, sample yang berasal dari media televisi diambil dari RCTI, SCTV, Metro TV, dan TV One dalam periode Agustus-September 2010.

Selain itu, menurut Bambang, penelitian ini hanya untuk mengetahui berapa banyak berita soal perempuan yang dibuat media massa, fokus perempuan, dan sikap media massa soal perempuan.(BJK/ARI)

Comments

Popular Posts